Arif Fadillah Terpilih Sebagai Ketua MIPI Kepulauan Riau

 



Berita KEPRI

Jakarta, MIPI - DR. H. T. S. Arif Fadillah, S.Sos, MS.i, terpilih menjadi ketua MIPI Provinsi Kepulauan Riau periode 2017-2022 saat Musyawarah Daerah (Musda) ke- II MIPI Prov. Kepulauan Riau tanggal 21 Juli 2017 di Hotel CK Convention Tanjung Pinang, Kepulauan Riau (Kepri).

Arif Fadillah dilantik oleh Ketua 2 Pengurus Pusat (PP) MIPI yaitu Prof. DR. R. Siti Zuhro setelah dipilih oleh peserta Musda melalui sidang pemilihan Ketua MIPI Prov. Kepri periode 2017 – 2022 yang dipimpin oleh Zamzami A. Karim.

Menurut wakil ketua II MIPI Kepri, Drs. Sardison, MTP, kepercayaan peserta Musda kepada Arif Fadillah merupakan pilihan yang tepat. Ia juga meyakini, MIPI Kepri akan lebih menempatkan MIPI sebagai organisasi profesi yang mampu memberi warna dalam praktik-praktik pemerintahan yang baik di Kepri.

“Terpilihnya bapak Arif sebagai ketua MIPI Prov. Kepri Periode 2017-2022 dalam Musda ini secara musyawarah dan mufakat, adalah sosok (figur) yang tepat. Mengingat pak Arif adalah sosok pekerja yang ulet dan tekun serta memiliki pemikiran-pemikiran yang visioner.” Aku Sardison saat diwawancara seusai Musda MIPI Kepri di Hotel CK Convention Tanjung Pinang.

Sardison juga menambahkan, “gaya kepemimpinan beliau yang mampu menggerakan potensi SDM yang ada di Prov. Kepri, juga dapat diterapkan dalam kepengurusan MIPI Kepri yang sudah dilantik tadi. Jika kita lihat bagaimana susunan kepengurusan tadi menunjukkan keterwakilan yang komprehensif dari unsure praktisi, ilmuwan dan pemerhati pemerintahan.”

Sebelum disahkan menjadi Ketua MIPI Kepri, Arif selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Prov. Kepulauan Riau memberi sambutan pada pembukaan Musda ke-II MIPI Kepri yang berisi harapannya terhadap fungsi MIPI Daerah di pelaksanaan pemerintahan Prov. Kepulauan Riau. Tak lupa, Arif juga mengapresiasi seminar nasional yang dilaksanakan sebagai satu rangkaian Musda ke-II MIPI Kepri dengan judul “Sinerji Pembangunan Daerah Menuju Kepulauan Riau sebagai Poros Maritim Indonesia”. Melalui seminar ini, diharapkan dapat lahir konsep-konsep yang lebih aplikatif dalam menempatkan Kepri sebagai salah satu Provinsi Kepulauan yang menjadi kekuatan poros Maritim Indonesia.

Pada pembukaan acara tersebut, Wakil Sekjen MIPI Drs. James. R. Pualillin, Msi dari PP MIPI juga memberi apresiasi dan penghormatan yang luar biasa kepada tim 5 (lima) yang diketuai oleh Sekda Prov. Kepri karena telah bekerja cepat menyiapkan pelaksanaan Musda ke-II MIPI Prov. Kepri hingga terselenggara. Mengingat kepengurusan MIPI Prov. Kepri sebelumnya telah demisioner sejak tahun 2016.

Lebih lanjut Pualillin mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kepri, yang dalam hal ini Gubernur Kepri dan Sekretaris Daerah Provinsi Kepri yang berkenan membantu dan memfasilitasi terselenggaranya Musda ke-II MIPI Prov. Kepri.

Sebagai Ketua MIPI Kepri terpilih, Arif Fadillah sempat memaparkan rencananya dalam memimpin MIPI daerah, salah satunya adalah konsolidasi kepengurusan dan penyusunan program kerja yang konkret dari setiap departemen.

“Akan kita bahas bersama dalam rapat kerja daerah untuk menentukan skala prioritas program kerja MIPI Kepri. Yang jelas bahwa, saya akan banyak mendorong setiap anggota dapat mengaktualisasi kapasitas kemampuan yang mereka miliki untuk memberi warna bagi kehadiran MIPI Kepri bagi kepentingan masyarakat Kepri dan pemerintah Kepri.” jelas Arif saat ditanya tentang program 100 hari pertamanya sebagai Ketua MIPI Kepri.

Laporan: James R. Paulillin

Editor: Zsazya Senorita